PT Haji Mabrur Barokah SK Kemenag NOMOR PPIU U 395 TAHUN 2020

Bagaimana Mengetahui Air Zamzam Yang Asli?

Sahabat HMB, pergi ke tanah suci, belum afdol kalau pulang tidak membawa air zamzam. Tapi, dikarenakan batasan membawa air zamzam di pesawat, mau gak mau kita harus membeli di tanah air kalau kekurangan membawa oleh-oleh untuk kerabat di rumah. Memang sih, daripada membawa air zamzam di dalam koper bagasi yang pasti lebih berat, tentu pilihan membeli air zamzam di tanah air bisa jadi pilihan tepat. Selain sangat berbahaya untuk membawa terlalu banyak air saat penerbangan, pihak bandara juga sangat ketat nih terkait jumlah berat barang bawaan jamaah. Bahkan ada beberapa jamaah yang kedapatan membawa air zamzam di koper, dipaksa untuk membuka kopernya dan membuang botol botol air zamzam tersebut. Kan mubadzir, karena pihak travel pun telah memberikan air zamzam dalam bentuk botol 5 liter.

Pilihan lainnya, kamu bisa mencoba membeli air zamzam yang sudah banyak diperjualbelikan di toko-toko perlengkapan haji di tanah air. Tapi, harus hati-hati ya, karena seringkali ada oknum yang tidak bertanggung jawab mengganti air zamzam asli dengan yang palsu. Berikut ada beberapa tips yang perlu diperhatikan supaya bisa membedakan mana air zamzam asli dan mana yang palsu.

Cek Harganya

Awas, jangan sampai terjebak harga murah yang terlalu murah ya karena bisa jadi itu akal-akalan oknum untuk menipu konsumen. Air zamzam normalnya berharga sedikit mahal di pasaran yakni untuk 5 liter air zamzam berkisar dari 400 sampai 500ribu. Sedangkan air zamzam palsu biasanya dijual dengan harga yang lebih murah yakni 150 sampai 200ribu.

Air Tidak Berbusa 

Air zamzam asli saat dikocok tidak berbusa, beda dengan yang palsu yang biasanya ketika kita mengocok galonnya makan akan ada busa yang muncul dari airnya.

air zamzam yang asli
Jamaah HMB Selalu Mendapatkan Air Zamzam Yang Asli

Lebih Kental dari Air Biasa

Air zamzam memiliki rasa yang khas, tak seperti air pada umumnya. Selain itu, air zamzam juga cenderung lebih berat dan lebih terasa di tenggorokan. Hal ini dikarenakan kandungan pH dan mineral yang ada di dalam air zamzam. Selain itu, rasa air zamzam juga disebut agak getir, memiliki rasa dan bau yang khas sehingga membuat kita dapat membedakannya dengan mudah.

Test TDS

Untuk mengetahui keaslian air zamzam, kita juga bisa menguji dengan menggunakan alat TDS meter. TDS sendiri adalah singkatan dari Total Dissolve Solid, untuk menguji kepadatan zat terlarut. Satuan yang digunakan adalah PPM (part per million). air Murni memiliki 1-10 PPM sementara 10-100 PPM adalah air Minum. Lalu bagi air yang lebih dari 100 PPM berarti air bermineral. Sementara untuk air zamzam, kita akan menemukan angka 500 PPM pada alat TDS meter. Angka tersebut memang sangat tinggi karena air zamzam memiliki kandungan mineral yang tinggi. Untuk mendapatkan alat TDS ini kita bisa membeli di toko-toko online.

Nah, itulah beberapa tips untuk membedakan air zamzam asli dan palsu. Semoga membantu!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

RSS
Follow by Email
Open chat
1
Klik gambar untuk chat dengan admin kami
Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh...
Ada yang bisa kami bantu?