PT Haji Mabrur Barokah SK Kemenag NOMOR PPIU U 395 TAHUN 2020

Tips Menabung Agar Cepat Berangkat Umroh

Sahabat HMB Travel Umroh Pontianak yang pastinya ingin umroh dengan segera. Umroh merupakan salah satu ibadah yang membutuhkan modal besar. Sifat umrah sendiri sunnah, yakni jika dijalankan akan mendapatkan pahala, jika tidak pun tidak akan berdosa. Namun sama seperti ibadah haji, ibadah umrah dianjurkan bagi mereka yang sudah mampu.

Kapan kamu dianggap sudah mampu? Tentu saja ketika kamu sudah bisa membiayai ongkos pergi-pulang ke ‘Tanah suci’, dan punya bekal yang cukup sebagai modal untuk membiayai hidup selama menjalankan ibadah umroh.

Dengan kata lain, kamu tidak perlu menunggu hingga punya harta melimpah untuk menjalankan ibadah umroh. Kamu yang masih hidup pas-pasan pun tetap dianjurkan untuk pergi menjalankan ibadah umroh dengan cara menabung.

Survey Biaya dan Travel Umroh Terbaik

Sebelum menyiapkan biaya umroh, kamu harus melakukan survei untuk mengetahui biaya yang dibutuhkan untuk menjalankan ibadah umroh. Kamu bisa pergi mengunjungi keluarga, atau teman yang sudah pernah menjalankan ibadah umroh. Cari tahu travel melayani langsung apa tidak? Misalnya umroh dari Pontianak, apakah start perjalanan dari sini atau berkumpul di Jakarta atau kota lainnya.

Catat semua informasi yang mereka berikan secara detail, dari mulai biaya yang harus disiapkan sebelum berangkat umroh, biaya yang dibutuhkan selama berada di ‘Tanah Suci’, dan biaya-biaya lainnya yang mungkin harus kamu persiapkan.

Jangan lupa, tanyakan juga travel umroh yang mereka gunakan, dan minta kesan mereka selama menggunakan jasa travel umroh tersebut. Usahakan kamu menerima informasi dari orang yang netral, alias tidak berhubungan langsung dengan perusahaan travel umroh tertentu.

Setelah itu, lakukan survei dengan cara mendatangi perusahaan travel umroh yang sudah berada dalam list kamu. Minta informasi dengan detail terkait persyaratan dan biaya yang dibutuhkan. Semua informasi tersebut harus dicatat dengan detail sebagai bahan pertimbangan.

Mulai Menabung

Setelah perkiraan biaya kamu dapatkan, saatnya mulai merealisasikan niat kamu beribadah umroh dengan cara menabung. Pilihannya banyak, kamu bisa menabung di rumah dengan menyisihkan uang per hari, atau bisa juga membuka tabungan umroh yang kini banyak ditawarkan banyak bank.

Jika memilih menabung di rumah, keunggulannya adalah, kamu bisa menentukan travel umroh yang akan digunakan. Tapi jika memilih tabungan umroh di bank, biasanya pihak bank sudah punya perusahaan travel rekananan sendiri yang bisa kamu pilih.

Selain itu, ada juga beberapa penyedia jasa travel umroh yang membuka tabungan umroh dengan cara membuka semacam rekening di kantornya. Tapi cara ini tidak disarankan, mengingat cara ini rawan penggelapan. Jadi pilihannya, menabung di rumah, menyimpan uang di bank atau membuka tabungan umroh.

Eits, tidak semua travel seperti itu. Coba ke HMB Pontianak  salah satu travel umroh di Pontianak yang bekerja sama dengan BNI Syariah yang mengeluarkan Tabungan Baitullah. Pasti aman karena menabung menggunakan nama jamaah sendiri. Tidak bisa digelapkan, tidak berbunga, tanpa biaya administrasi, yang pastinya BEBAS RIBA. Dan juga dijamin oleh pemerintah.

Tabungan umroh HMB Pontianak
Tabungan Baitullah untuk umroh dari HMB Pontianak

Bolehkan meminjam uang untuk ibadah umroh?

Cara ini sangat tidak disarankan, bahkan tidak terlarang oleh hukum agama. Pasalnya, Islam itu agama yang mudah dan memudahkan penganutnya untuk beribadah. Selain itu, Islam pun mengajarkan untuk tidak berhutang, kecuali untuk hal-hal yang bersifat khusus dan insidentil.

Maka dari itu, menjalankan ibadah umroh harus dilakukan dengan ‘uang dingin’, alias uang yang bisa kamu gunakan tanpa menimbulkan masalah di kemudian hari. Maka dari itu, menabung merupakan cara terbaik yang bisa kamu pilih untuk menjalankan ibadah umroh.

Manfaatkan Diskon dan Promo Khusus

Beberapa perusahaan travel umroh kerap menebar diskon dan promo khusus bagi umat Islam yang ingin menjalankan ibadah umroh. Manfaatkan fasilitas tersebut untuk mempercepat niat kamu menjalankan ibadah umroh.

Sebagai bocoran, ada juga beberapa travel umroh yang rela memberikan tiket umroh gratis, dengan syarat kamu harus membawa beberapa orang untuk menggunakan jasa mereka. Biasanya satu tiket gratis untuk 10-20 orang yang berhasil kamu bawa.

Manfaatkan kesempatan ini untuk menjalankan ibadah umroh dengan gratis. Kamu bisa mencari calon klien dari kenalan di jamaah pengajian, DKM (pengurus masjid), rekan kerja atau perkumpulan berbasis lainnya. Intinya, maksimalkan semua kenalan potensial kamu!

Jika tidak mencapai kuota? Jangan khawatir, kamu bisa menggunakan fee yang kamu dapatkan dari perusahaan travel umroh tersebut untuk mengurangi biaya yang harus dibayarkan.

Tapi ingat, sebelum menjalankan misi ini, kamu harus pastikan dulu travel umroh yang dimaksud benar-benar terpercaya. Jangan sampai kasus penggelapan dana yang dilakukan travel umroh nakal yang sempat menghebohkan Tanah Air, malah menimpamu.

Mantapkan Niat Hanya Untuk Beribadah

Rugi besar jika kamu ingin menjalankan ibadah umroh hanya demi mencari popularitas, imej sebagai orang yang baik agamanya, ingin terlihat kaya atau hanya ingin sekedar jalan-jalan saja. Ibadah umroh butuh modal besar, jadi pastikan niat kamu lurus hanya untuk beribadah.

Selain itu, ibadah umroh dan haji merupakan ‘panggilan’ dari Allah. Jika kamu sudah berusaha, namun belum mampu mewujudkan impian menjalankan ibadah ini, tetaplah bersabar, terus berusaha, dan yakin jika itu merupakan pilihan terbaik untukmu.

Tapi yang pasti, jika Allah sudah ‘memanggil’, tidak ada rintangan yang bisa menghalangi kamu untuk pergi ke ‘Tanah Suci’. Bahkan bukan tidak mungkin kamu bisa berangkat umroh dengan biaya 0% alias gratis, tanpa keluar uang sepeserpun.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

RSS
Follow by Email
Open chat
1
Klik gambar untuk chat dengan admin kami
Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh...
Ada yang bisa kami bantu?