HMB Meditama SK Kemenag NOMOR 147 TAHUN 2017

Mengenal Para Imam Masjidil Haram ( Bagian 2)

SHEIKH ABDULLAH JUHANY

Sahabat HMB yang setia membaca artikel dari kami, Sheikh Abdullah Al Juhany adalah salah satu Imam di Masjidil Haram, Makkah sejak ditunjuk untuk menjadi imam pada bulan Ramadhan, yaitu pada tahun 2006 hingga sekarang.

Beliau lahir di kota Madinah pada hari Selasa, 11 Muharram 1396/ 13 Januari 1976.

Imam bernama lengkap Abdullah bin Awwad bin Fahd bin Ma’yuf bin Abdullah bin Muhammad bin Kadywan Al-Hamimi Adz-Dzabyaani Al-Juhany ini telah menikah dan memiliki 2 anak laki-laki ( bernama Muhammad dan Abdul Aziz) dan 2 anak perempuan.

Beliau telah menghafal Al-Quran sebelum usia baligh dengan rahmat Allah dan pengarahan orangtuanya. Dan pada saat itu Beliau belajar di masjid Al-Isyraaf di Harah Gharbiyyah, Madinah (المسجد الاشراف بالحرة الغربيةبالمدينة المنورة).

Pada saat umur beliau 16 tahun, sang sheikh ini telah memenangkan perlombaan di Makkah. Dan telah mendapatkan gelar LC dari Universitas Islam di Madinah (jurusan Al-Quran Al-Kariim).

Sheikh Abdullah Al Juhany
Imam-imam Masjidil Haram; Sheikh Sudais dan Sheikh Juhany

Beliau pernah menjadi imam di Masjid Qiblatain di Madinah selama 2 tahun berturut-turut pada umur 21 tahun. Kemudian beliau diangkat menjadi imam di Masjidil Haram, Makkah Al-Mukarramah pada shalat tarawih di bulan Ramadhan periode 1426-1427ه‍.

Banyak sekali Ulama Qiroaat yang terkenal dari tingkat global yang memuji bacaannya, diantaranya:

  • Asy-Syaikh Az-Ziyaat (الشيخ الزيات)
  • Asy-Syaikh Ibraahiim Al-Akhdhar Al-Qayyim Syaikh Al-Qura di Masjid Nabawi Asy-Syariif (فضيلة الشيخ إبراهيم الأخضر القيم شيخ القراء في المسجد النبوي الشريف)
  • Doktor ‘Ali Al-Hudzaifi, Imam Masjid Nabawi
  • Asy-Syaikh Muhammad Ayyuub (والدكتور علي الحذيفي أمام المسجد النبوي الشريف بالمدينة المنورة والشيخ محمد أيوب), Imam Masjid Nabawi

Sheikh Abdullah Juhany memiliki ciri khas dalam bacaannya dengan suara yang indah, bacaan yang mutqin, dan suara yang lantang.

Selain sebagai imam, sesuai dengan gelar akademiknya seagai seorang Doktor, maka Sheikh Al Juhany juga adalah seorang dosen di Universitas Ummul Qura di Makkah.

Beliau memiliki kelebihan yang berbeda dari imam-imam Masjidil Haram lainnya, karena beliau telah diterima menjadi imam di 4 masjid yang paling terkenal di seluruh dunia, yaitu; Masjid Qiblatain, Masjid Nabawi, Masjid Quba dan Masjidil Haram.

Suaranya ketika melantunkan ayat suci Al Qur’an sudah direkam dan tersebar ke seluruh dunia.

Semoga kita berkesempatan mendengarkan secara langsung saat Sheikh Juhany memimpin shalat di Mekkah nantinya.

Yuk menabung buat umroh dan mewujudkannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RSS
Follow by Email
Open chat
1
Klik gambar untuk chat dengan admin kami
Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh...
Ada yang bisa kami bantu?